Ingin Hamil

Ketika Wanita Ingin Hamil Pasca Keguguran

Keguguran adalah hal yang sangat menyedihkan bagi pasangan suami istri yang mendambakan kehadiran buah hati untuk meramaikan suasana rumah tangga. Keguguran bisa timbul kaena berbagai komplikasi yang bisa membahayakan kesehatan. Untuk itu biasanya dokter menyaranakan untuk menunda sementara kehamilan berikutnya kurang lebih dalam kurun waktu 6 – 12 bulan.

Namun menurut salah satu peneliti yang berasal dari sebuah Universitas Aberdeen, Skotlandia mengungkapkan bahwa sekitar 30.000 wanita skotlandia bisa hamil lagi dalam kurun 6 bulan setelah pasca keguguran karena belajar dari pengalaman terdahulu. Menurut salah satu peniliti, keguguran tercatat 80% yang disebabkan oleh faktor genetik, yaitu akibat ketidaksesuaian jumlah kromosom antara suami dan isteri.

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya keguguran adalah:

1. Adanya kelainan pada janin yang disebabkan kelainan kromosom, terjadi pada saatproses pembuahan sedang berlangsung. Akibatnya, embrio yang terbentuk cacat dan dikeluarkan tubuh.

2. Adanya kelainan pada ibu, seperti kelainan pada sisterm hormonal (bisa hormon prolaktin yang terlalu tinggi atau progesteron yang terlalu rendah), sistem kekebalan tubuh, infeksi menahun, dan penyakit lainnya yang diderita oleh si ibu ketika masa kehamilan.

3. Adanya kelainan pada rahim. Kelainan yang paling umum terjadi adalah adanya miom (tumor jaringan otot) yang dapat mengganggu pertumbuhan embrio. kelainan lain yaitu rahim terlalu lemah sehingga tidak mampu menahan berat janin yang sedang berkembang. Kehamilan dalam rahim yang terlalu lemah biasanya hanya mampu bertahan hingga akhir trimester pertama.

Penyebab – Penyebab lain yang memicu keguguran :
1. Penyebab lain adalah infeksi, seperti terkena virus TORCH, HIV, Hepatitis dll.
2. Keguguran juga dapat diakibatkan oleh pola hidup yang tidak teratur dan terkontrol. Wanita yang suka merokok, minuman keras, obesitas atau berat badan kurang dapat memiliki gangguan hormon yang berakibat gangguan kehamilan.

Tanda-Tanda Keguguran

Sebelum keguguran benar-benar terjadi, ada beberapa tanda yang menunjukkan adanya sesuatu yang tidak beres selama kehamilan berlangsung.

Berikut Tanda-tanda terjadinya keguguran yaitu:

- Perdarahan

Perdarahan adalah tanda yang paling umum. Perdarahan bisa terjadi dengan meninggalkan tanda berupa bercak-bercak yang berlangsung lama sampai perdarahan hebat, terkadang ditemui dibeberapa bagian jaringan yang robek yang ikut keluar bersamaan dengan darah. Misalnya, bagian dari jaringan dinding rahim yang terkoyak atau kantung ketuban yang robek.

- Kram atau Kejang Perut

Rasa kram atau kejang pada perut sama halnya ketika mengalami awal menstruasi, rasa kram atau kejang di perutdaat berlangsung lama dan biasanya tradi di bagian panggul.

- Nyeri Pada Bagian Bawah Perut

Rasa nyeri pada bagian bawah perut terjadi dalam waktu cukup lama. Selain di sekitar perut, rasa sakit juga dapat terjadi di bagian bawah panggul, pangkal paha atas dan sekitar alat kelamin. Nyeri ini terjadi dalam beberapa jam bahkan sampai beberapa hari setelah muncul gejala perdarahan.

Hal – hal yang memicu keguguran itu terjadi :
1. Kondisi kandungan yang lemah
2. Kurang olahraga atau senam hamil
3. Kurang konsumsi vitamin, susu, makanan atau buah – buahan yang banyak mengandung gizi, serat serta vitamin yang dibutuhkan oleh seorang ibu dan janin
4. Kelelahan
5. mengangakat beban berat
6. Stress dsb


=====================================

>>> Ikuti Program Inti K&K Untuk Program Ingin Hamil, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Ingin Hamil and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Ingin Hamil

  1. Assalamualaium wbt…
    Saya ingin bertanya sesuatu perkara tentang kehamilan yang tidak kunjung tiba…seorang suami yang mengalami tirod akan tetapi telah menjalani pembedahan pembuangan kelenjar tirod 4 tahun yang lalu…setiap kali hamil..isteri mengalami keguguran dalam trimester pertama..suami setiap 6 bulan sekali perlu mengambil rawatan meminum radio iodin dan doktor menyarankan agar berjauhan selama 3-6 bulan sebelum memulakan kehamilan baru..jadi pertanyaan di sini adakah sperma yang dihasilkan suami tidak begitu baik sehinggakan janin tidak dapat membesar dengan normal…sekian…wassallam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>