Makanan Bagi Ibu Hamil

Asupan Yang Perlu Diperhatikan Selama Masa Kehamilan :

- Hindari stres

Saat melakukan hubungan intim, usahakan pikiran konsentrasi, lupakan masalah sejenak misalnya gagal hamil, agar anda dan pasangan menikmati hubungan intim tersebut dan bersamaan mencapai orgasme.

- Orgasme bersamaan

Beberapa sumber mengatakan bahwa ketika terjadi orgasme pada wanita, vagina mengalami gerakan seperti menyedot, di mana gerakan ini menguntungkan sperma karena sperma dapat ikut tersedot ke dalam. Hal ini menguntungkan karena tugas sperma untuk membuahi sel telur menjadi lebih dekat.

- Posisi bercinta sesuai bentuk rahim

Bentuk rahim wanita menentukan posisi bercinta yang pas agar terjadi pembuahan. Untuk mereka yang bentuk rahimnya antrofleksi (menekuk ke depan), posisi apa pun akan memudahkan perjalanan sperma menuju sel telur. Namun, untuk mereka yang bentuk rahimnya retrofleksi (menekuk ke belakang), posisi yang disarankan adalah berlutut (menungging). Posisi ini akan membantu “mengantar” sperma sedekat mungkin mencapai indung telur.

- Mengangkat kaki atau pinggul

Selain itu, rajin-rajinlah mengganjal bokong istri dengan bantal sesaat setelah terjadinya ejakulasi agar sperma tergenang lebih lama. Namun, satu hal yang tidak kalah penting agar anda cepat hamil adalah sewaktu membersihkan vagina. Sebaiknya wanita menghindari penggunaan cairan pembersih vagina sesaat setelah hubungan seksual karena cairan pembersih vagina dapat bersifat toksik untuk sperma dan akan mempersulit terjadinya kehamilan.

- Kalori

Selama masa hamil seorang ibu membutuhkan 300 kalori per hari pada trisemester kedua dan ketiga agar berat badan bayi bertambah atau meningkat 12 – 16 kg untuk menghasilkan berat badan yang cukup pada saat dilahirkan.
Dengan berat badan bayi yang didapat pada
- trisemester pertama 0,5 kg/bulan
- trisemester kedua 0,5 kg/minggu
- sampai trisemester terakhir ( bulan ke – 9 ) 0,5 – 1 kg

Kalori mudah diperoleh dengan mengkonsumsi kacang – kacangan, buah, sereal, beras merah, sayur, kentang dll

- Protein

Protein juga sangat penting bagi wanita yang sedang hamil untuk membantu membangun, memperbaiki dan mengganti jaringan dalam tubuh agar pertumbuhan janin optimal. Protein dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi tahu, tempe, daging, ayam, ikan, susu, dan telur.

- Kalsium

Janin atau bayi sangat memerlukan kalsium begitu halnya ibu. Karena kalsium membantu pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin atau bayi. Apabila kalsium yang didapat janin atau bayi kurang, maka janin atau bayi akan mengambil dari tulang, yang terjadi mengalami pelunakan tulang ( (osteomalasia) nantinya. Kalsium mudah diperoleh dari susu, tahu, brokoli, kacang-kacangan.

- Zat besi

Zat Besi merupakan keutamaan atau pokok yang diperlukan oleh seorang wanita yang sedang hamil maupun untuk janin atau bayi, karena apabila kekurangan zat besi akan mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan janin menjadi terhambat. Kekurangan zat besi dapat memicu resiko cacat (mortalitas) pada janin atau bayi bahkan kemungkinan pada ibu itu sendiri. Karena kebutuhan zat besi sulit dipenuhi dari diet pola makan, maka terkadang pemakaian suplemen disarankan. Zat besi dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi bayam,sayur yang mengandung zat hijau organik, daging, beras merah, hati, ikan, kerang, telur, kedelai dll.

- Asam Folat (vitamin B)

Asasm Folat ( Vitamin B ) sangat disarankan baik ketika masa pembuahan sampai masa kehamilan itu berlangsung dan menyusui, karena asam folat membantu pencegahan janin atau bayi lahir cacat otak maupun tulang belakang. Penelitian menunjukkan resiko kelainan tulang belakang (spina bifida) dan kelainan ronggga otak (anensefali) menurun hingga 50%. Sangat disarankan untuk mendapatkan 400 mg asam folat per hari. Asam folat dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi jus jeruk bayam, oatmeal, brokoli, stoberi, dan roti.

- Cairan

Diartikan rajin mengkonsumsi air putih 6 – 8 gelas setiap harinya , setidaknya 1 liter per hari. Apabila selama masa kehamilan mengalami pembengkakan sperti pada kaki karena cairan ( air putih ) tidak akan megurangi pembengkakan. Selain itu air putih, juga dapat mengkonsumsi sup, jus, dan teh.

- Garam

Garam dapat membantu mengatur air dalam darah. Kebutuhan tubuh akan garam sedikit, sekitar 2000 hingga 8000 mg per hari. Beberapa ibu yang terkena darah tinggi atau preeklamsia bahkan tidak memerlukan tambahan akan konsumsi garam.

- Jangan lupa untuk menghindari rokok, konsumsi alkohol dan kafein.


=====================================

>>> Ikuti Program Inti K&K Untuk Program Ingin Hamil, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Ingin Hamil and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>